Wednesday, February 1, 2012

Bahasa Melayu


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Melayu
بهاس ملايو
Dituturkan di Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, selatan Filipina, Thailand Selatan, Timor Leste, Sri Langka, Afrika Selatan, dan Australia (Pulau Christmas dan Kepulauan Cocos).
Dialek standar nasional di Indonesia dikenal sebagai Bahasa Indonesia.
Jumlah penutur Penutur asli: 7–18 juta
total 200–300 juta
Peringkat 6 (termasuk penutur non-bahasa ibu)
Rumpun bahasa Austronesia
Status resmi
Bahasa resmi di  Brunei,  Indonesia (sebagai Bahasa Indonesia)
 Malaysia (sering dinamakan bahasa Malaysia)
 Singapura
Diatur oleh Dewan Bahasa dan Pustaka (Malaysia), Pusat Bahasa (Indonesia), Majelis Bahasa Brunei Darussalam – Indonesia – Malaysia (MABBIM) (gabungan)
Kode-kode bahasa
ISO 639-1 ms
ISO 639-2 may/msa 
Ethnologue edisi ke-14: MLI
ISO 639-3
Dalam pengertian awam, istilah bahasa Melayu mencakup sejumlah bahasa yang saling bermiripan yang dituturkan di wilayah Nusantara dan di Semenanjung Melayu. Sebagai bahasa yang luas pemakaiannya, bahasa ini menjadi bahasa resmi di Brunei, Indonesia (sebagai bahasa Indonesia), dan Malaysia (juga dikenal sebagai bahasa Malaysia); bahasa nasional Singapura; dan menjadi bahasa kerja di Timor Leste (sebagai bahasa Indonesia). Bahasa Melayu merupakan lingua franca bagi perdagangan dan hubungan politik di Nusantara pada masa pra-kolonial. Migrasi kemudian juga turut memperluas pemakaiannya. Selain di negara yang disebut sebelumnya, bahasa Melayu dituturkan pula di Afrika Selatan, Sri Lanka, Thailand selatan, Filipina selatan, Myanmar selatan, sebagian kecil Kamboja, hingga Papua Nugini. Bahasa ini juga dituturkan oleh penduduk Pulau Christmas dan Kepulauan Cocos, yang menjadi bagian Australia.
Dari segi linguistik, kini ditentukan suatu rumpun bahasa Melayu yang terdiri dari 45 bahasa, yang pada gilirannya dibagi dalam kelompok berikut :
Kelompok Melayu tersebut adalah yang terbesar dalam rumpun bahasa Melayik.

Daftar isi

 [tampilkan]

0 comments:

Post a Comment

yang datang